Perancangan Apilkasi Perpustakaan Digital Dengan Metode Green Computing Di SMK 1 Bandar Lampung
Kata Kunci:
Perpustakaan, Green Computing, E-LibraryAbstrak
Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Bandar Lampung ada beberapa kegiatan yang telah menggunakan komputer, namun khususnya pada pengolahan data perpustakaan masih dilakukan secara manual, setiap bulan petugas harus melihat data buku dan menghitung jumlah peminjam per hari untuk membuat laporan bulanan, hal tersebut sangat retang terhadap kerusaka data, masalah yang ditimbulkan yakni ketika akan membuat laporan bulanan petugas sering kali mengalami kesulitan bila ada dokumen yang rusak atau hilang karna petugs tida memiliki cadagan arsip data laporan harian. Berdasarkan permasalahan tersebut maka di rancang sistem agar dapat mengembangkan dan mengimplementasikan perpustakaan digital yang dapat di akses melalui website sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan tanpa terkendala terbatasnya ruang dan waktu Dengan adanya perpustakaan digital diharapkan akan mempermudah mahasiswa dalam proses yang berkaitan dengan perpustakaan. Sebab Perpustakaan yang akan dibuat memanfaatkan teknologi yang berbasis Web. Dengan website pengguna akan lebih mudah dalam mencari kolekksi buku, jurnal ilmiah, dan lainnya yang dibutuhkan oleh setiap anggota perpustakaan. Selain itu website juga dapat diakses dimana saja, kapan saja, dan siapa saja tanpa harus datang ke lokasi perpustakaan SMK Negeri 1 Bandar Lampung.
Referensi
Ahmad, I., & Indra, H. (2016). Rancang Bangun Sistem Tiket Masuk Pada Objek Wisata Pantai Mutun. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 2(2), 61–71.
Anita, K., Wahyudi, A. D., & Susanto, E. R. (2020). Aplikasi Lowongan Pekerjaan Berbasis Web Pada Smk Cahaya Kartika. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 75–80.
Manurung, P., & Sembiring, S. (2019). E-Crm Information System For Tapis Lampung Smes. Journal Of Physics: Conference Series, 1338(1), 12051.
Novita, D., & Husna, N. (2020). Peran Ecolabel Awareness Dan Green Perceived Quality Pada Purchase Intention. Jurnal Manajemen Maranatha, 20(1), 85–90.
Prayoga, W. D., Bakri, M., & Rahmanto, Y. (2020). Aplikasi Perpustakaan Berbasis Opac (Online Public Access Catalog) Di Smk N 1 Talangpadang. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 183–191.
Rahmanto, Y., & Fernando, Y. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Web (Studi Kasus: Smk Ma’arif Kalirejo Lampung Tengah). Jurnal Tekno Kompak, 13(2), 11–15.
Yulianti, D. T., Damayanti, D., & Prastowo, A. T. (2021). Pengembangan Digitalisasi Perawatan Kesehatan Pada Klink Pratama Sumber Mitra Bandar Lampung. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 32–39.
Ahdan, S., Firmanto, O., & Ramadona, S. (2018). Rancang Bangun Dan Analisis Qos (Quality Of Service) Menggunakan Metode Htb (Hierarchical Token Bucket) Pada Rt/Rw Net Perumahan Prasanti 2. Jurnal Teknoinfo, 12(2), 49–54.
Ahmad, I., & Indra, H. (2016). Rancang Bangun Sistem Tiket Masuk Pada Objek Wisata Pantai Mutun. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 2(2), 61–71.
Alfandi, A. (2018). Rancang Bangun Mesin Pengerol Pipa Besi Hitam Kualitas ¾ Inchi Radius Minimum 20 Cm. Politeknik Negeri Padang.
Amarudin, A., Saputra, D. A., & Rubiyah, R. (2020). Rancang Bangun Alat Pemberi Pakan Ikan Menggunakan Mikrokontroler. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kendali Dan Listrik, 1(1), 7–13.
Damayanti, D. (2020). Rancang Bangun Sistem Pengukuran Keselarasan Teknologi Dan Bisnis Untuk Proses Auditing. Jurnal Tekno Kompak, 14(2), 92–97.
Dellia, P., Antoni, T. T., & Sulistiani, H. (2017). Rancang Bangun Sistem Infromasi Pengukuran Kesehatan Laporan Keuangan Pada Perusahaan Jasa (Studi Kasus Perusahaan Jasa Yang Terdaftar Di Bei). Jurnal Tekno Kompak, 11(1), 24–28.
Hamidy, F., & Octaviansyah, A. F. (2011). Rancangan Sistem Informasi Ikhtisar Kas Berbasis Web Pada Masjid Ulul Albaab Bataranila Di Lampung Selatan. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (Snati).
Lestari, F., & Aldino, A. A. (2020). Pemilihan Moda Dan Preferensi Angkutan Umum Khusus Perempuan Di Kota Bandar Lampung. Jurnal Teknik Sipil: Rancang Bangun, 6(2), 57–62.
Lestari, I. D., Samsugi, S., & Abidin, Z. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Pekerjaan Part Time Berbasis Mobile Di Wilayah Bandar Lampung. Telefortech: Journal Of Telematics And Information Technology, 1(1), 18–21.
Melinda, M., Borman, R. I., & Susanto, E. R. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Publik Berbasis Web (Studi Kasus: Desa Durian Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran). Jurnal Tekno Kompak, 11(1), 1–4.
Mulyanto, A., Apriyadi, A., & Prasetyawan, P. (2018). Rancang Bangun Game Edukasi “Matching Aksara Lampung” Berbasis Smartphone Android. Cess (Journal Of Computer Engineering, System And Science), 3(1), 36–44.
Munandar, G. A., & Amarudin, A. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Kepegawaian Pegawai Negeri Sipil Dan Pegawai Honorer Pada Badan Kepegawaian Dan Diklat Kabupaten. Jurnal Teknoinfo, 11(2), 54–58.
Nurhuda, Y. A., Suryono, R. R., & Friansyah, D. K. (2017). Rancangan Arsitektur Sistem Berbasis Pengetahuan Obat Buatan Untuk Kebutuhan Swamedikasi. Annual Research Seminar (Ars), 3(1), 231–234.
Putra, A. D. (2020). Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Untuk Usaha Penjualan Helm. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 17–24.
Putra, A. D., Suryono, R. R., & Darmini, D. (2009). Rancang Bangun Media Pembelajaran Toefl Berbasis Web. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (Snati).
Rahmadani, E. L., Sulistiani, H., & Hamidy, F. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Jasa Cuci Mobil (Studi Kasus: Cucian Gading Putih). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 22–30.
Rahmanto, Y. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Koperasi Menggunakan Metode Web Engineering (Studi Kasus: Primkop Kartika Gatam). Jurnal Data Mining Dan Sistem Informasi, 2(1), 24–30.
Rahmanto, Y., & Fernando, Y. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Web (Studi Kasus: Smk Ma’arif Kalirejo Lampung Tengah). Jurnal Tekno Kompak, 13(2), 11–15.
Ramadhanu, P. B., & Priandika, A. T. (2021). Rancang Bangun Web Service Api Aplikasi Sentralisasi Produk Umkm Pada Uptd Plut Kumkm Provinsi Lampung. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1), 59–64.
Riskiono, S. D., Susanto, T., & Kristianto, K. (N.D.). Rancangan Media Pembelajaran Hewan Purbakala Menggunakan Augmented Reality. Cess (Journal Of Computer Engineering, System And Science), 5(2), 199–203.
Saputra, V. H., Darwis, D., & Febrianto, E. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Game Matematika Untuk Penyandang Tunagrahita Berbasis Mobile. Jurnal Komputer Dan Informatika, 15(1), 171–181.
Sintaro, S. (2020). Rancang Bangun Game Edukasi Tempat Bersejarah Di Indonesia. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 51–57.
Sulistiani, H. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Presensi Sms Gateway Berbasis Web Dengan Framework Codeigniter Pada Smkn 1 Trimurjo. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 43–50.
Suryani, A. D., & Ardian, Q. J. (2020). Rancang Bangun Identifikasi Kebutuhan Kalori Dengan Aplikasi Go Healthy Life. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 47–56.
Susanto, E. R., & Ramadhan, F. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Web Perizinan Praktik Tenaga Kesehatan Menggunakan Framework Codeigniter Pada Dinas Kesehatan Kota Metro. Jurnal Tekno Kompak, 11(2), 55–60.
Yolanda, S., & Neneng, N. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Untuk Perhitungan Biaya Sewa Kontainer Pada Pt Java Sarana Mitra Sejati. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Akuntansi, 1(1), 24–34.
Yuliarancang Bangun Pengusir Hama Babi Menggunakan Arduino Dengan Sensor Geraknti, T., Samsugi, S., Nugroho, P. A., & Anggono, H. (2021). Rancang Bangun Pengusir Hama Babi Menggunakan Arduino Dengan Sensor Gerak. Jtst, 2(1), 21–27.