Penerapan Website Rekomendasi Pariwisata Lampung Dengan Menggunakan Algoritma Slope One

Penulis

  • Ahmad Rojikin Teknik Elektro

Kata Kunci:

sistem rekomendasi, pendekatan collaborative filtering, algoritma slope one

Abstrak

Sistem rekomendasi adalah sistem yang bertujuan untuk memberikan rekomendasi kepada pengguna atau pembeli berupa barang-barang yang sesuai dengan kebutuhan pembeli, selain itu bidang hiburan seperti film, musik dan toko online, sistem rekomendasi juga telah digunakan pada web pariwisata. Pada web pariwisata pengguna akan diberi rekomendasi tempat-tempat pariwisata yang sesuai dengan kesukaannya. Pada laporan ini dijelaskan penelitian tentang sistem rekomendasi pariwisata lampung dengan menggunakan algoritma slope one. Sistem rekomendasi untuk pariwisata lampung dikembangkan menggunakan pendekatan collaborative filtering dan algoritma slope one untuk menghitung nilai prediksi rekomendasi. Hasil evaluasi sistem rekomendasi pariwisata menunjukkan rekomendasi dengan pendekatan ini dapat memberikan rekomendasi sesuai keinginan seorang pengguna. Akurasi prediksi yang dihasilkan oleh algoritma Slope One akan semakin meningkat dengan bertambahnya jumlah user yang memberikan rating terhadap item yang tersedia. Hasil rekomendasi pada algoritma Slope One menunjukkan ketidaksesuaian antara tipe item hasil rekomendasi dengan tipe item yang telah diberi rating oleh pengguna aktif. Hal ini disebabkan proses prediksi rating pada algoritma Slope One tidak memperhatikan tipe atau konten dari item, tetapi lebih memperhatikan kemiripan pola rating.

Referensi

Learning User Interfaces: A Survey Of The Practices. 2020 3rd International Conference On Computer And Informatics Engineering (Ic2ie), 1–7.

Huda, A. M. S., & Fernando, Y. (2021). E–Ticketing Penjualan Tiket Event Musik Di Wilayah Lampung Pada Karcismu Menggunakan Library Reactjs. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1), 96–103.

Jamra, R. K., Anggorojati, B., Sensuse, D. I., & Suryono, R. R. (2020). Systematic Review Of Issues And Solutions For Security In E-Commerce. 2020 International Conference On Electrical Engineering And Informatics (Iceltics), 1–5.

Juliyanto, F., & Parjito, P. (2021). Rekayasa Aplikasi Manajemen E-Filling Dokumen Surat Pada Pt Alp (Atosim Lampung Pelayaran). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1), 43–49.

Juniansyah, B. D., Susanto, E. R., & Wahyudi, A. D. (2020). Pembuatan E-Commerce Pemesanan Jasa Event Organizer Untuk Zero Seven Entertaiment. Jurnal Tekno Kompak, 14(1), 41–46.

Kumala, N. K. R., Puspaningrum, A. S., & Setiawansyah, S. (2020). E-Delivery Makanan Berbasis Mobile (Studi Kasus: Okonomix Kedaton Bandar Lampung). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 105–110.

Manurung, P., & Sembiring, S. (2019). E-Crm Information System For Tapis Lampung Smes. Journal Of Physics: Conference Series, 1338(1), 12051.

Muhaqiqin, M., & Budi, I. (2019). Analysis Of Factors Affecting Lecturer Acceptance Of The E-Learning System In Universitas Lampung. 2019 5th International Conference On Computing Engineering And Design (Icced), 1–6.

Nugroho, N., Napianto, R., & Adithama, G. (2021). Pengembangan Sistem E-Procurement Pada Smk Yadika Baturaja Dengan Pendekatan Extreme Programming. Ainet: Jurnal Informatika, 3(1), 1–10.

Prasetyawan, P., & Sari, D. (2018). Pengembangan Aplikasi Mobile E-Voting Pilkades.

Puspaningrum, A. S., Neneng, N., Saputri, I., & Ariany, F. (2020). Pengembangan E-Raport Kurikulum 2013 Berbasis Web Pada Sma Tunas Mekar Indonesia. Jurnal Komputasi, 8(2), 94–101.

Puspaningrum, A. S., & Susanto, E. R. (2021). Penerapan Dan Pelatihan E-Learning Pada Sma Tunas Mekar Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Jpkm) Tabikpun, 2(2), 91–100.

Pustika, R. (2020). Future English Teachers’ Perspective Towards The Implementation Of E-Learning In Covid-19 Pandemic Era. Journal Of English Language Teaching And Linguistics, 5(3), 383–391.

Putra, A. D. (2020). Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Untuk Usaha Penjualan Helm. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 17–24.

Riskiono, S. D., & Pasha, D. (2020a). Analisis Metode Load Balancing Dalam Meningkatkan Kinerja Website E-Learning. Jurnal Teknoinfo, 14(1), 22–26.

Riskiono, S. D., & Pasha, D. (2020b). Analisis Perbandingan Server Load Balancing Dengan Haproxy & Nginx Dalam Mendukung Kinerja Server E-Learning. Incomtech: Jurnal Telekomunikasi Dan Komputer, 10(3), 135–144.

Rosmalasari, T. D., Lestari, M. A., Dewantoro, F., & Russel, E. (2020). Pengembangan E-Marketing Sebagai Sistem Informasi Layanan Pelanggan Pada Mega Florist Bandar Lampung. Journal Of Social Sciences And Technology For Community Service (Jsstcs), 1(1), 27–32.

Rusliyawati, R., Muludi, K., Wantoro, A., & Saputra, D. A. (2021). Implementasi Metode International Prostate Symptom Score (Ipss) Untuk E-Screening Penentuan Gejala Benign Prostate Hyperplasia (Bph). Jurnal Sains Dan Informatika, 7(1), 28–37.

Sarasvananda, I. B. G., Anwar, C., Pasha, D., & Styawati, S. (2021). Analisis Survei Kepuasan Masyarakat Menggunkan Pendekatan E-Crm (Studi Kasus: Bp3tki Lampung). Jurnal Data Mining Dan Sistem Informasi, 2(1), 1–9.

Sari, A. M., Darwis, D., & Dartnono, D. (2021). E-Marketing Pada Dealer Motor Tvs Cabang Unit 2 Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi, 2(1).

Sensuse, D. I., Sipahutar, R. J., Jamra, R. K., & Suryono, R. R. (2020). Challenges And Recommended Solutions For Change Management In Indonesian E-Commerce. 2020 International Conference On Information Technology Systems And Innovation (Icitsi), 250–255.

Styawati, S., Ariany, F., Alita, D., & Susanto, E. R. (2020). Pembelajaran Tradisional Menuju Milenial: Pengembangan Aplikasi Berbasis Web Sebagai Penunjang Pembelajaran E-Learning Pada Man 1 Pesawaran. Journal Of Social Sciences And Technology For Community Service (Jsstcs), 1(2).

Surahman, A., Octaniansyah, A. F., & Darwis, D. (2020). Teknologi Web Crawler Sebagai Alat Pengembangan Market Segmentasi Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Pada E-Marketplace. Jurnal Komputer Dan Informatika, 15(1), 118–126.

Surahman, A., Octaviansyah, A. F., & Darwis, D. (2020). Ekstraksi Data Produk E-Marketplace Sebagai Strategi Pengolahan Segmentasi Pasar Menggunakan Web Crawler. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 9(1), 73–81.

Surahman, A., Wahyudi, A. D., & Sintaro, S. (2020). Implementasi Teknologi Visual 3d Objek Sebagai Media Peningkatan Promosi Produk E-Marketplace.

Susanto, E. R., Syarif, A., Muludi, K., Perdani, R. R. W., & Wantoro, A. (2021). Implementation Of Fuzzy-Based Model For Prediction Of Thalassemia Diseases. Journal Of Physics: Conference Series, 1751(1), 12034.

Ulum, F., & Muchtar, R. (2018). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction Website Start-Up Kaosyay. Jurnal Tekno Kompak, 12(2), 68–72.

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-29