Penerapan Sistem Katalog Elektronik Menggunakan Data Flow Diagram di PT Niko Furniture

Penulis

  • Mas Yusuf Teknik Elektro

Kata Kunci:

Requirement Engineering, DFD, SRS Document

Abstrak

Niko Furniture merupakan perusahaan milik perorangan yang bergerak dalam bisnis penjualan bahan baku produksi furniture. Produk bahan baku yang disediakan oleh Niko Furniture berfokus pada kain dan aksesoris perlengkapan produksi sofa, jok mobil, kursi jati, dan springbed. Proses penjualan produk pada toko Niko Furniture berperan sebagai pengecer (retailer) karena menyalurkan barang untuk keperluan produksi yang tidak selalu berada dalam skala besar. Pada proses bisnis yang berjalan pada Niko furniture ditemukan beberapa kendala yang menyebabkan banyak produk tidak terjual. Untuk itu diperlukan sebuah pengembangan system kerja serta pemanfaatan teknologi dibidang usaha. Dalam proses pengembangan perangkat lunak perlu dilakukan dokumentasi kebutuhan pelanggan yang disebut Requirement Engineering. Proses ini akan menghasilkan sebuah dokumen yang disebut Software Requirement Spesification (SRS). Untuk mendapatkan informasi secara maksimal maka diperlukan sebuah alat yang dapat menggambarkan sebuah realitas dari suatu kondisi bisnis, alat itu disebut Data Flow Diagram (DFD). Dokumen SRS dapat digunakan sebagai acuan dalam pembuatan kode program. Kemudian, hasil rancangan diibagi kepada 31 responden yang menilai kondisi sebelum dan sesudah rancangan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan hasil rancangan yang maksimal dan dapat menyesuaikan dengan lingkup operasi bisnis kebutuhan pengguna.

Referensi

Andrian, D. (2021). Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Pengawasan Proyek Berbasis Web. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (Jatika), 2(1), 85–93.

Ayu, M. (2020). Kemitraan Dengan Pustakawan Sekolah Dalam Meningkatkan Literasi Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah Pertama. Bibliotika: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 4(2), 210–217.

Huda, A. M. S., & Fernando, Y. (2021). E–Ticketing Penjualan Tiket Event Musik Di Wilayah Lampung Pada Karcismu Menggunakan Library Reactjs. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1), 96–103.

Ismatullah, H., & Adrian, Q. J. (2021). Implementasi Prototype Dalam Perancangan Sistem Informasi Ikatan Keluarga Alumni Santri Berbasis Web. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(2).

Manalu, N. J., & Setyadi, M. A. (2010). Analisa Nilai Guna Teknologi Informasi Dalam Perbaikan Proses Penyediaan Barang Pada Pt Xyz. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (Snati).

Riskiono, S. D., & Reginal, U. (2018). Sistem Informasi Pelayanan Jasa Tour Dan Travel Berbasis Web (Studi Kasus Smart Tour). Jurnal Informasi Dan Komputer, 6(2), 51–62.

Susanto, E. (2019). Pelaksanaan Peraturan Menteri Perdagangan Terkait Perselisihan Harga Barang Berdasarkan Permendag Nomor 35m-Dag/Per/7/2013 Tentang Pencantuman Harga Barang Dan Jasa Yang Diperdagangkan Di Indomaret.(Studi Kasus Indomaret Di Kecamatan Tampan). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Ulum, F., & Muchtar, R. (2018). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction Website Start-Up Kaosyay. Jurnal Tekno Kompak, 12(2), 68–72.

Wahyudi, A. D. (2020). Sistem Informasi Inventory Gudang Dalam Ketersediaan Stok Barang Menggunakan Metode Buffer Stok. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 174–182.

Dewi, P. S. (2021). E-Learning: Pjbl Pada Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum Dan Silabus. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1332–1340.

Febrina, C. A., & Megawaty, D. A. (2021). Aplikasi E-Marketplace Bagi Pengusaha Stainless Berbasis Mobile Di Wilayah Bandar Lampung. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1), 15–22.

Gumantan, A., Nugroho, R. A., & Yuliandra, R. (2021). Learning During The Covid-19 Pandemic: Analysis Of E-Learning On Sports Education Students. Journal Sport Area, 6(1), 51–58.

Hamidy, F. (2016). Pendekatan Analisis Fishbone Untuk Mengukur Kinerja Proses Bisnis Informasi E-Koperasi. Jurnal Teknoinfo, 10(1), 11–13.

Hasani, L. M., Sensuse, D. I., & Suryono, R. R. (2020). User-Centered Design Of E-Learning User Interfaces: A Survey Of The Practices. 2020 3rd International Conference On Computer And Informatics Engineering (Ic2ie), 1–7.

Huda, A. M. S., & Fernando, Y. (2021). E–Ticketing Penjualan Tiket Event Musik Di Wilayah Lampung Pada Karcismu Menggunakan Library Reactjs. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1), 96–103.

Jamra, R. K., Anggorojati, B., Sensuse, D. I., & Suryono, R. R. (2020). Systematic Review Of Issues And Solutions For Security In E-Commerce. 2020 International Conference On Electrical Engineering And Informatics (Iceltics), 1–5.

Juliyanto, F., & Parjito, P. (2021). Rekayasa Aplikasi Manajemen E-Filling Dokumen Surat Pada Pt Alp (Atosim Lampung Pelayaran). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1), 43–49.

Juniansyah, B. D., Susanto, E. R., & Wahyudi, A. D. (2020). Pembuatan E-Commerce Pemesanan Jasa Event Organizer Untuk Zero Seven Entertaiment. Jurnal Tekno Kompak, 14(1), 41–46.

Kumala, N. K. R., Puspaningrum, A. S., & Setiawansyah, S. (2020). E-Delivery Makanan Berbasis Mobile (Studi Kasus: Okonomix Kedaton Bandar Lampung). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 105–110.

Manurung, P., & Sembiring, S. (2019). E-Crm Information System For Tapis Lampung Smes. Journal Of Physics: Conference Series, 1338(1), 12051.

Muhaqiqin, M., & Budi, I. (2019). Analysis Of Factors Affecting Lecturer Acceptance Of The E-Learning System In Universitas Lampung. 2019 5th International Conference On Computing Engineering And Design (Icced), 1–6.

Nugroho, N., Napianto, R., & Adithama, G. (2021). Pengembangan Sistem E-Procurement Pada Smk Yadika Baturaja Dengan Pendekatan Extreme Programming. Ainet: Jurnal Informatika, 3(1), 1–10.

Prasetyawan, P., & Sari, D. (2018). Pengembangan Aplikasi Mobile E-Voting Pilkades.

Puspaningrum, A. S., Neneng, N., Saputri, I., & Ariany, F. (2020). Pengembangan E-Raport Kurikulum 2013 Berbasis Web Pada Sma Tunas Mekar Indonesia. Jurnal Komputasi, 8(2), 94–101.

Puspaningrum, A. S., & Susanto, E. R. (2021). Penerapan Dan Pelatihan E-Learning Pada Sma Tunas Mekar Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Jpkm) Tabikpun, 2(2), 91–100.

Pustika, R. (2020). Future English Teachers’ Perspective Towards The Implementation Of E-Learning In Covid-19 Pandemic Era. Journal Of English Language Teaching And Linguistics, 5(3), 383–391.

Putra, A. D. (2020). Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Untuk Usaha Penjualan Helm. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 17–24.

Riskiono, S. D., & Pasha, D. (2020a). Analisis Metode Load Balancing Dalam Meningkatkan Kinerja Website E-Learning. Jurnal Teknoinfo, 14(1), 22–26.

Riskiono, S. D., & Pasha, D. (2020b). Analisis Perbandingan Server Load Balancing Dengan Haproxy & Nginx Dalam Mendukung Kinerja Server E-Learning. Incomtech: Jurnal Telekomunikasi Dan Komputer, 10(3), 135–144.

Rosmalasari, T. D., Lestari, M. A., Dewantoro, F., & Russel, E. (2020). Pengembangan E-Marketing Sebagai Sistem Informasi Layanan Pelanggan Pada Mega Florist Bandar Lampung. Journal Of Social Sciences And Technology For Community Service (Jsstcs), 1(1), 27–32.

Rusliyawati, R., Muludi, K., Wantoro, A., & Saputra, D. A. (2021). Implementasi Metode International Prostate Symptom Score (Ipss) Untuk E-Screening Penentuan Gejala Benign Prostate Hyperplasia (Bph). Jurnal Sains Dan Informatika, 7(1), 28–37.

Sarasvananda, I. B. G., Anwar, C., Pasha, D., & Styawati, S. (2021). Analisis Survei Kepuasan Masyarakat Menggunkan Pendekatan E-Crm (Studi Kasus: Bp3tki Lampung). Jurnal Data Mining Dan Sistem Informasi, 2(1), 1–9.

Sari, A. M., Darwis, D., & Dartnono, D. (2021). E-Marketing Pada Dealer Motor Tvs Cabang Unit 2 Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi, 2(1).

Sensuse, D. I., Sipahutar, R. J., Jamra, R. K., & Suryono, R. R. (2020). Challenges And Recommended Solutions For Change Management In Indonesian E-Commerce. 2020 International Conference On Information Technology Systems And Innovation (Icitsi), 250–255.

Styawati, S., Ariany, F., Alita, D., & Susanto, E. R. (2020). Pembelajaran Tradisional Menuju Milenial: Pengembangan Aplikasi Berbasis Web Sebagai Penunjang Pembelajaran E-Learning Pada Man 1 Pesawaran. Journal Of Social Sciences And Technology For Community Service (Jsstcs), 1(2).

Surahman, A., Octaniansyah, A. F., & Darwis, D. (2020). Teknologi Web Crawler Sebagai Alat Pengembangan Market Segmentasi Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Pada E-Marketplace. Jurnal Komputer Dan Informatika, 15(1), 118–126.

Surahman, A., Octaviansyah, A. F., & Darwis, D. (2020). Ekstraksi Data Produk E-Marketplace Sebagai Strategi Pengolahan Segmentasi Pasar Menggunakan Web Crawler. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 9(1), 73–81.

Surahman, A., Wahyudi, A. D., & Sintaro, S. (2020). Implementasi Teknologi Visual 3d Objek Sebagai Media Peningkatan Promosi Produk E-Marketplace.

Susanto, E. R., Syarif, A., Muludi, K., Perdani, R. R. W., & Wantoro, A. (2021). Implementation Of Fuzzy-Based Model For Prediction Of Thalassemia Diseases. Journal Of Physics: Conference Series, 1751(1), 12034.

Ulum, F., & Muchtar, R. (2018). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction Website Start-Up Kaosyay. Jurnal Tekno Kompak, 12(2), 68–72.

Wantoro, A. (2020). Kombinasi Metode Analitical Hierarchy Process (Ahp) Dan Simple Addtive Weight (Saw) Untuk Menentukan Website E-Commerce Terbaik. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 9(1), 131–142.

Cover Jurnal

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-29