Implementasi Aplikasi Penjualan Berbasis Web Pada Pt Sygma Daya Insani Lampung
Kata Kunci:
Web, Aplikasi, Penjualan,UML, PHP, MySQLAbstrak
Perkembangan teknologi informasi yang demikian pesat mencakup seluruh aspek kehidupan manusia. Dimulai dengan trend social media yang dalam lima tahun terakhir ini berkembang dengan amat pesat. Dengan perkembangan nya tersebut , teknologi informasi tidak lagi hanya menjadi sarana berkomunikasi antara penggunany, melainkan juga sebagai alat untuk memperluas cakupan bisnis para pelaku usaha. Salah satu perusahaan tersebut adalah PT Sygma Daya Insani Lampung yang bergerak dalam bidang penjualan buku. Untuk dapat bersaing secara global diperlukan suatu alat atau tools yang dapat menjangkau passer yang diharapkan dalam hal ini adalah peningkatan penjualan buku. Dengan pemanfaatan teknologi informasi perusahaan ini sedang mengembangkan sebuah portal web sebagai sarana untuk melakukan promosi dalam usaha peningkatan penjualan buku nya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi yang ditujukan bagi PT Sygma Daya Insani Lampung untuk meningkatkan volume penjualan dan perluasana Marketing produk PT Sygma Daya Insani Lampung. Aplikasi berbasis web ini dirancang dengan menggunakan metode waterfall dan perancangan sistem UML (Unifide Modeling Language). Aplikasi ini juga dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Hasil akhir penelitian ini dapat menghasilkan suatu aplikasi penjualan berbasis web yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan PT Sygma Daya Insani Lampung.
Referensi
Ahmad, I., Borman, R. I., Fakhrurozi, J., & Caksana, G. G. (2020). Software Development Dengan Extreme Programming (Xp) Pada Aplikasi Deteksi Kemiripan Judul Skripsi Berbasis Android. Inovtek Polbeng-Seri Informatika, 5(2), 297–307.
Borman, R. I., Priopradono, B., & Syah, A. R. (2017). Klasifikasi Objek Kode Tangan Pada Pengenalan Isyarat Alphabet Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo).
Damayanti, D. (2020). Rancang Bangun Sistem Pengukuran Keselarasan Teknologi Dan Bisnis Untuk Proses Auditing. Jurnal Tekno Kompak, 14(2), 92–97.
Kurniawan, I., & Susanto, A. (2019). Implementasi Metode K-Means Dan Naïve Bayes Classifier Untuk Analisis Sentimen Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Eksplora Informatika, 9(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.30864/Eksplora.V9i1.237
Manalu, N. J., & Setyadi, M. A. (2010). Analisa Nilai Guna Teknologi Informasi Dalam Perbaikan Proses Penyediaan Barang Pada Pt Xyz. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (Snati).
Megawaty, D. A., & Putra, M. E. (2020). Aplikasi Monitoring Aktivitas Akademik Mahasiswa Program Studi Informatika Universitas Xyz Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 65–74.
Ramadhan, A. F., Putra, A. D., & Surahman, A. (2021). Aplikasi Pengenalan Perangkat Keras Komputer Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality (Ar). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 24–31.
Sari, A., & Adrian, Q. J. (2020). Implementasi Augmented Reality Pada Buku “The Art Of Animation: 12 Principles.” Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 109–119.
Sulistiani, H., Setiawansyah, S., & Darwis, D. (2020). Penerapan Metode Agile Untuk Pengembangan Online Analytical Processing (Olap) Pada Data Penjualan (Studi Kasus: Cv Adilia Lestari). Jurnal Coreit: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 6(1), 50–56.
Tenriawali, A. Y. (2018). Representasi Korban Kekerasan Dalam Teks Berita Daring Tribun Timur: Analisis Wacana Kritis. Jurnal Totobuang, 6(1), 1–15.
Abidin, Z., Wijaya, A., & Pasha, D. (2021). Aplikasi Stemming Kata Bahasa Lampung Dialek Api Menggunakan Pendekatan Brute-Force Dan Pemograman C. Jurnal Media Informatika Budidarma, 5(1), 1–8.
Ade, A. P., & Novri, N. H. (2019). Aplikasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Pt. Telkom Palembang (Kopegtel) Menggunaandrian, D. (2021). Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Pengawasan Proyek Berbasis Web. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (Jatika), 2(1), . Jurnal Informanika, 5(2).
Ahmad, I., Borman, R. I., Fakhrurozi, J., & Caksana, G. G. (2020). Software Development Dengan Extreme Programming (Xp) Pada Aplikasi Deteksi Kemiripan Judul Skripsi Berbasis Android. Inovtek Polbeng-Seri Informatika, 5(2), 297–307.
Ahmad, I., Prasetyawan, P., & Sari, T. D. R. (2019). Penerapan Algoritma Rekomendasi Pada Aplikasi Rumah Madu Untuk Perhitungan Akuntansi Sederhana Dan Marketing Digital. Prosiding Seminar Nasional Darmajaya, 1, 38–45.
Alfiah, A., & Damayanti, D. (2020). Aplikasi E-Marketplace Penjualan Hasil Panen Ikan Lele (Studi Kasus: Kabupaten Pringsewu Kecamatan Pagelaran). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 111–117.
Anita, K., Wahyudi, A. D., & Susanto, E. R. (2020). Aplikasi Lowongan Pekerjaan Berbasis Web Pada Smk Cahaya Kartika. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 75–80.
Borman, R. I. (2016). Penerapan String Matching Dengan Algoritma Boyer Moore Pada Aplikasi Font Italic Untuk Deteksi Kata Asing. Jurnal Teknoinfo, 10(2), 39–43.
Borman, R. I. (2017). Implementasi Augmented Reality Pada Aplikasi Android Pegenalan Gedung Pemerintahan Kota Bandar Lampung.
Dewi, P. S., & Sintaro, S. (2019). Mathematics Edutainment Dalam Bentuk Aplikasi Android. Triple S (Journals Of Mathematics Education), 2(1), 1–11.
Dwijaya, D. A. (2020). Perancangan Aplikasi Untuk Pelanggaran Dan Prestasi Siswa Pada Smp Kartika Ii-2 Bandar Lampung. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 127–136.
Gandhi, B. S., Megawaty, D. A., & Alita, D. (2021). Aplikasi Monitoring Dan Penentuan Peringkat Kelas Menggunakan Naïve Bayes Classifier. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(1), 54–63.
Giovani, A. P., Ardiansyah, A., Haryanti, T., Kurniawati, L., & Gata, W. (2020). Analisis Sentimen Aplikasi Ruang Guru Di Twitter Menggunakan Algoritma Klasifikasi. Jurnal Teknoinfo, 14(2), 115. Https://Doi.Org/10.33365/Jti.V14i2.679
Gumantan, A. (2020). Pengembangan Aplikasi Pengukuran Tes Kebugaran Jasmani Berbasis Android. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 19(2), 196–205.
Harahap, M. R. (2016). Sel Elektrokimia: Karakteristik Dan Aplikasi. Circuit: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 177–180. Https://Doi.Org/10.22373/Crc.V2i1.764
Kautsar, I., Borman, R. I., & Sulistyawati, A. (2015). Aplikasi Pembelajaran Bahasa Isyarat Bagi Penyandang Tuna Rungu Berbasis Android Dengan Metode Bisindo. Semnasteknomedia Online, 3(1), 4.
Megawaty, D. A., & Putra, M. E. (2020). Aplikasi Monitoring Aktivitas Akademik Mahasiswa Program Studi Informatika Universitas Xyz Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 65–74.
Muhaqiqin, M., & Rikendry, R. (2021). Alt+ F: Aplikasi Pencarian Lawan Tanding Futsal Berbasis Mobile Android. J-Icon: Jurnal Komputer Dan Informatika, 9(1), 81–87.
Putra, A. D. (2020). Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Untuk Usaha Penjualan Helm. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 17–24.
Rahmanto, Y., Alfian, J., Damayanti, D., & Borman, R. I. (2021). Penerapan Algoritma Sequential Search Pada Aplikasi Kamus Bahasa Ilmiah Tumbuhan.
Rahmanto, Y., Ulum, F., & Priyopradono, B. (2020). Aplikasi Pembelajaran Audit Sistem Informasi Dan Tata Kelola Teknologi Informasi Berbasis Mobile. Jurnal Tekno Kompak, 14(2), 62–67.
Ramadhan, A. F., Putra, A. D., & Surahman, A. (2021). Aplikasi Pengenalan Perangkat Keras Komputer Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality (Ar). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 24–31.
Ramadhanu, P. B., & Priandika, A. T. (2021). Rancang Bangun Web Service Api Aplikasi Sentralisasi Produk Umkm Pada Uptd Plut Kumkm Provinsi Lampung. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1), 59–64.
Riskiono, S. D., Sulistyo, S., & Adji, T. B. (2016). Kinerja Metode Load Balancing Dan Fault Tolerance Pada Server Aplikasi Chat. Retii.
Satria, M. N. D., Saputra, F., & Pasha, D. (2020). Mit App Invertor Pada Aplikasi Score Board Untuk Pertandingan Olahraga Berbasis Android. Jurnal Teknoinfo, 14(2), 81–88.
Sinaga, I. (2017). Keterampilan Aplikasi Teknologi Informasi Berdasarkan Tahun, Gender Dan Jurusan Sia (Studi Kasus Di Stmik Perguruan Tinggi Teknokrat). Prosiding Seminar Nasional Darmajaya, 1(1), 28–43.
Sintaro, S., Surahman, A., & Khairandi, N. (2020). Aplikasi Pembelajaran Teknik Dasar Futsal Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Telefortech: Journal Of Telematics And Information Technology, 1(1), 22–31.
Sulistiani, H. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Presensi Sms Gateway Berbasis Web Dengan Framework Codeigniter Pada Smkn 1 Trimurjo. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 43–50.
Suryani, A. D., & Ardian, Q. J. (2020). Rancang Bangun Identifikasi Kebutuhan Kalori Dengan Aplikasi Go Healthy Life. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 47–56.
Wantoro, A. (2018). Prototype Aplikasi Berbasis Web Sebagai Media Informasi Kehilangan Barang. Jurnal Teknoinfo, 12(1), 11–15.
Wantoro, A., & Alkarim, I. (2016). Aplikasi Pengendalian Persediaan Spare Part Traktor Dengan Metode Buffer Stock Dan Reorder Point (Rop) Di Gudang Cabang Tanjung Karang (Studi Kasus Cv. Karya Hidup Sentosa Lampung). Explore: Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia Dan Informatika), 7(2).