IMPLEMENTASI E-KATALOG MUSEUM BERBASIS WEB SEBAGAI MEDIA PENYAJIAN DATABESE BENDA BERSEJARAH DAN BUDAYA DI PROVINSI LAMPUNG
Kata Kunci:
E-Katalog, Museum Lampung, waterfall.Abstrak
Perkembangan sistem informasi yang sangat pesat, membuat sebuah data, informasi, dan hal-hal yang berhubungan dengan sistem informasi sangat cepat untuk didapat dan disebarkan ke berbagai lapisan masyarakat, berbagai kalangan, dan berbagai lapisan sosial. Kurangnya minat masyarkat untuk mengunjungi museum menjadi kendala selama ini. Dengan memanfaatkan sistem informasi tentu nya kita bisa membuat Museum lampung hidup kembali, diketahui masyarakat banyak dan menjadikan nya sebagai tempat wisata sejarah yang manarik bagi masyarakat untuk datang dan belajar mengenai sejarah lampung. Metode yang digunakan dalam pembuatan Sistem Informasi ini yaitu waterfall. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan studi pustaka sedangkan implementasi dari metode ini dijelaskan melalui analisis sistem, use case, activity diagram, dan class diagram. Untuk merancang dan membuat website ini, penulis menggunakan Macromedia Dreamweaver, bahasa pemrograman PHP, database MySql, dan webserver Xampp. Implementasi E-Katalog sebagai media penyajian informasi benda bersejarah dan budaya di provinsi lampung berbasis WEB memudahkan para pengunjung dalam mencari informasi benda bersejarah di museum lampung. Ada pun kelebihan dari aplikasi E-Katalog ini antara lain museum lampung tidak perlu mencetak brosur/katalog benda bersejarah sehingga menghemat biaya promosi, sehingga membuat semuanya menjadi lebih efektif dan efisien.
Referensi
Lusa, S., Rahmanto, Y., & Priyopradono, B. (2020). The Development Of Web 3d Application For Virtual Museum Of Lampung Culture. Psychology And Education Journal, 57(9), 188–193.
Rahmanto, Y. (2021). Digitalisasi Artefak Pada Museum Lampung Menggunakan Teknik Fotogrametri Jarak Dekat Untuk Pemodelan Artefak 3D. Jurnal Coreit: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 7(1), 13–19.
Rianto, N. (2021). Pengenalan Alat Musik Tradisional Lampung Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(1), 64–72.
Sarasvananda, I. B. G., Anwar, C., Pasha, D., & Styawati, S. (2021). ANALISIS SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT MENGGUNKAN PENDEKATAN E-CRM (Studi Kasus: BP3TKI Lampung). Jurnal Data Mining Dan Sistem Informasi, 2(1), 1–9.
Wantoro, A. (2019). Sistem Informasi Berbasis Web Untuk Pengelolaan Penerima Dana Zakat, Infaq Dan Sedekah. Jurnal Tekno Kompak, 13(2), 31–34.
Alfiah, A., & Damayanti, D. (2020). Aplikasi E-Marketplace Penjualan Hasil Panen Ikan Lele (Studi Kasus: Kabupaten Pringsewu Kecamatan Pagelaran). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 111–117.
Arnova, T., & Ahmad, I. (2015). Sistem Informasi E-Document Korespodensi Pada Korem 043/Gatam. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 1(2), 15–18.
Ayu, M. (2020). Online Learning: Leading E-Learning At Higher Education. The Journal Of English Literacy Education: The Teaching And Learning Of English As A Foreign Language, 7(1), 47–54.
Dewi, P. S. (2021). E-Learning: Pjbl Pada Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum Dan Silabus. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1332–1340.
Febrina, C. A., & Megawaty, D. A. (2021). Aplikasi E-Marketplace Bagi Pengusaha Stainless Berbasis Mobile Di Wilayah Bandar Lampung. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1), 15–22.
Gumantan, A., Nugroho, R. A., & Yuliandra, R. (2021). Learning During The Covid-19 Pandemic: Analysis Of E-Learning On Sports Education Students. Journal Sport Area, 6(1), 51–58.
Hamidy, F. (2016). Pendekatan Analisis Fishbone Untuk Mengukur Kinerja Proses Bisnis Informasi E-Koperasi. Jurnal Teknoinfo, 10(1), 11–13.
Hasani, L. M., Sensuse, D. I., & Suryono, R. R. (2020). User-Centered Design Of E-Learning User Interfaces: A Survey Of The Practices. 2020 3rd International Conference On Computer And Informatics Engineering (Ic2ie), 1–7.
Huda, A. M. S., & Fernando, Y. (2021). E–Ticketing Penjualan Tiket Event Musik Di Wilayah Lampung Pada Karcismu Menggunakan Library Reactjs. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1), 96–103.
Jamra, R. K., Anggorojati, B., Sensuse, D. I., & Suryono, R. R. (2020). Systematic Review Of Issues And Solutions For Security In E-Commerce. 2020 International Conference On Electrical Engineering And Informatics (Iceltics), 1–5.
Juliyanto, F., & Parjito, P. (2021). Rekayasa Aplikasi Manajemen E-Filling Dokumen Surat Pada Pt Alp (Atosim Lampung Pelayaran). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1), 43–49.
Juniansyah, B. D., Susanto, E. R., & Wahyudi, A. D. (2020). Pembuatan E-Commerce Pemesanan Jasa Event Organizer Untuk Zero Seven Entertaiment. Jurnal Tekno Kompak, 14(1), 41–46.
Kumala, N. K. R., Puspaningrum, A. S., & Setiawansyah, S. (2020). E-Delivery Makanan Berbasis Mobile (Studi Kasus: Okonomix Kedaton Bandar Lampung). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 105–110.
Manurung, P., & Sembiring, S. (2019). E-Crm Information System For Tapis Lampung Smes. Journal Of Physics: Conference Series, 1338(1), 12051.
Muhaqiqin, M., & Budi, I. (2019). Analysis Of Factors Affecting Lecturer Acceptance Of The E-Learning System In Universitas Lampung. 2019 5th International Conference On Computing Engineering And Design (Icced), 1–6.
Nugroho, N., Napianto, R., & Adithama, G. (2021). Pengembangan Sistem E-Procurement Pada Smk Yadika Baturaja Dengan Pendekatan Extreme Programming. Ainet: Jurnal Informatika, 3(1), 1–10.
Prasetyawan, P., & Sari, D. (2018). Pengembangan Aplikasi Mobile E-Voting Pilkades.
Puspaningrum, A. S., Neneng, N., Saputri, I., & Ariany, F. (2020). Pengembangan E-Raport Kurikulum 2013 Berbasis Web Pada Sma Tunas Mekar Indonesia. Jurnal Komputasi, 8(2), 94–101.
Puspaningrum, A. S., & Susanto, E. R. (2021). Penerapan Dan Pelatihan E-Learning Pada Sma Tunas Mekar Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Jpkm) Tabikpun, 2(2), 91–100.
Pustika, R. (2020). Future English Teachers’ Perspective Towards The Implementation Of E-Learning In Covid-19 Pandemic Era. Journal Of English Language Teaching And Linguistics, 5(3), 383–391.
Putra, A. D. (2020). Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Untuk Usaha Penjualan Helm. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 17–24.
Riskiono, S. D., & Pasha, D. (2020a). Analisis Metode Load Balancing Dalam Meningkatkan Kinerja Website E-Learning. Jurnal Teknoinfo, 14(1), 22–26.
Riskiono, S. D., & Pasha, D. (2020b). Analisis Perbandingan Server Load Balancing Dengan Haproxy & Nginx Dalam Mendukung Kinerja Server E-Learning. Incomtech: Jurnal Telekomunikasi Dan Komputer, 10(3), 135–144.
Rosmalasari, T. D., Lestari, M. A., Dewantoro, F., & Russel, E. (2020). Pengembangan E-Marketing Sebagai Sistem Informasi Layanan Pelanggan Pada Mega Florist Bandar Lampung. Journal Of Social Sciences And Technology For Community Service (Jsstcs), 1(1), 27–32.
Rusliyawati, R., Muludi, K., Wantoro, A., & Saputra, D. A. (2021). Implementasi Metode International Prostate Symptom Score (Ipss) Untuk E-Screening Penentuan Gejala Benign Prostate Hyperplasia (Bph). Jurnal Sains Dan Informatika, 7(1), 28–37.
Sarasvananda, I. B. G., Anwar, C., Pasha, D., & Styawati, S. (2021). Analisis Survei Kepuasan Masyarakat Menggunkan Pendekatan E-Crm (Studi Kasus: Bp3tki Lampung). Jurnal Data Mining Dan Sistem Informasi, 2(1), 1–9.
Sari, A. M., Darwis, D., & Dartnono, D. (2021). E-Marketing Pada Dealer Motor Tvs Cabang Unit 2 Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi, 2(1).
Sensuse, D. I., Sipahutar, R. J., Jamra, R. K., & Suryono, R. R. (2020). Challenges And Recommended Solutions For Change Management In Indonesian E-Commerce. 2020 International Conference On Information Technology Systems And Innovation (Icitsi), 250–255.
Styawati, S., Ariany, F., Alita, D., & Susanto, E. R. (2020). Pembelajaran Tradisional Menuju Milenial: Pengembangan Aplikasi Berbasis Web Sebagai Penunjang Pembelajaran E-Learning Pada Man 1 Pesawaran. Journal Of Social Sciences And Technology For Community Service (Jsstcs), 1(2).
Surahman, A., Octaniansyah, A. F., & Darwis, D. (2020). Teknologi Web Crawler Sebagai Alat Pengembangan Market Segmentasi Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Pada E-Marketplace. Jurnal Komputer Dan Informatika, 15(1), 118–126.
Surahman, A., Octaviansyah, A. F., & Darwis, D. (2020). Ekstraksi Data Produk E-Marketplace Sebagai Strategi Pengolahan Segmentasi Pasar Menggunakan Web Crawler. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 9(1), 73–81.
Surahman, A., Wahyudi, A. D., & Sintaro, S. (2020). Implementasi Teknologi Visual 3d Objek Sebagai Media Peningkatan Promosi Produk E-Marketplace.
Susanto, E. R., Syarif, A., Muludi, K., Perdani, R. R. W., & Wantoro, A. (2021). Implementation Of Fuzzy-Based Model For Prediction Of Thalassemia Diseases. Journal Of Physics: Conference Series, 1751(1), 12034.
Ulum, F., & Muchtar, R. (2018). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction Website Start-Up Kaosyay. Jurnal Tekno Kompak, 12(2), 68–72.
Wantoro, A. (2020). Kombinasi Metode Analitical Hierarchy Process (Ahp) Dan Simple Addtive Weight (Saw) Untuk Menentukan Website E-Commerce Terbaik. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 9(1), 131–142.